Follow us: Subscribe via RSS Feed Connect on YouTube Connect on YouTube

Pengertian Keluarga menurut beberapa ahli


pengertian keluargaPegertian Keluarga  dari beberapa ahli diantaranya yaitu dari sayekti,DepKes RI,Bailon dan Maglaya, dan efendi, Banyak ahli menguraikan pengertian keluarga. Terdapat pengertian keluarga yang berbeda dalam hal mendefinisikan tentang keluarga.

Pengertian keluarga menurut UU. No. 10 tahun 1992
UU. No. 10 tahun 1992 mendefinisikan keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari suami-istri, atau suami-istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya.

Pengertian keluarga menurut Menurut Salvicion dan Celis (1998)
Pengertian keluarga Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

Pengertian keluarga menurut Sayekti (1994)
Pakar konseling dari yogyakarta, Sayekti (1994) mendefinisikan pengertian keluarga adalah suatu ikatan/ persekutuan hidup atas dasar perkawinan antar orang dewasa yang berlainan jenis yang hidup bersama atau seorang laki-laki atau perempuan yang sudah sendirian dengan atau tanpa anak, baik anaknya sendiri atau adopsi yang tinggal dalam sebuah rumah tangga.

Pengertian keluarga menurut Dep.Kes. RI (1988)
Dep.Kes. RI (1988) mendefinisikan keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga beserta beberapa orang anggotanya yang terkumpul dan tinggal dalam satu tempat karena pertalian darah, ikatan perkawinan, atau adopsi yang satu sama lainnya saling tergantung dan beriteraksi.

Pengertian keluarga menurut Friedman (1998)
Friedman (1998) mendefinisikan keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dengan keterikatan aturan dan emosional dan individu mempunyai peran masing-masing yang merupakan bagian dari keluarga.

Pengertian keluarga menurut Bailon dan Maglaya (1989)
Bailon dan Maglaya (1989) mendefiniskan keluarga adalah dua atau lebih dari dua individu yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidup dalam suatu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam peranannya masing- masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

Pengertian keluarga menurut Effendy (2005)
Effendy (2005), Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Kesimpulan tentang pengertian keluarga
Pengertian keluarga yang disampaikan para ahli terdapat beberapa persamaan antara lain antara Sayekti (1994), Dep. Kesehatan. RI (1988), Bailon dan Maglaya (1989) dan Effendi (2005) yaitu keluarga tergabung karena adanya hubungan perkawinan. namun terdapat perbedaan pandangan yaitu pandangan dari Friedman (1998) yang tidak menyebutkan secara spesifik adanya hubungan perkawinan dalam rumah tangga, hanya menyebutkan adanya keterikatan aturan dan emosional, tetapi pada prinsipnya sama yaitu adanya perkumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama, adanya aturan didalamnya, dan adanya interaksi antar anggota keluarga.

Dari beberapa pengertian tentang keluarga tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa keluarga adalah : 1) Terdiri dari dua atau lebih individu yang diikat oleh hubungan darah, perkawinan atau adopsi.
2) Anggota keluarga biasanya hidup bersama atau jika terpisah mereka tetap memperhatikan satu sama lain. 3) Anggota keluarga berinteraksi satu sama lain dan masing-masing mempunyai peran sosial

Demikian beberapa pengertian keluarga dari beberapa ahli diantaranya yaitu dari Friedman, sayekti, DepKes RI, Bailon dan Maglaya, dan efendi yang telah menguraikan tentang pengertian keluarga , semoga bermanfaat, thanks telah berkunjung ke askepdb.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
askepdb.blogspot.com © Copyright 2012. All Rights Reserved.
Created by: George Robinson.
Proudly powered by Blogger.
imagem-logoBack to TOP