Follow us: Subscribe via RSS Feed Connect on YouTube Connect on YouTube

Ini Peran Keluarga yang perlu kamu tahu

Peran Keluarga dalam ilmu keperawatan komunitas

Peran keluarga menggambarkan seperangkat perilaku interpersonal, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan individu dalam posisi dan situasi tertentu.
Effendy (1998: 34) membagi peranan keluarga dalam tiga peranan yaitu
  • peran ayah, 
  • peran ibu dan 
  • peran anak. 
Peran ayah
Peranan ayah adalah sebagai suami dari istri dan ayah dari anak-anak, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungan.

Peran Ibu
Peranan ibu adalah sebagai istri dari suami dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, di samping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarga, Apabila dalam keluarga sudah mempunyai anak, maka selain ada peranan ayah, peranan ibu, juga ada peranan anak.

Peran anak
Peranan anak adalah melaksanakan peranan psiko-sosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial dan spriritual.

demikian sekilas tentang peran keluarga yang diantaranya adalah peran sebagai ayah,peran ibu,peran anak dalam keluarga,semoga bermanfaat
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
askepdb.blogspot.com © Copyright 2012. All Rights Reserved.
Created by: George Robinson.
Proudly powered by Blogger.
imagem-logoBack to TOP